Jumat, 03 Juli 2009

Apa sih yang penting?

Berapa hari yang lalu, gw nonton debat final calon presiden. Jujur aja ada beberapa hal kecil yang justru bikin gue ketawa. Misalnya salah satu capres yang bilang Indonesia ada di antara 2 benua yaitu Australia dan Amerika (?). Atau capres lainnya yang salah bilang 30 menit (?) pdhl seharusnya detik. Entah saat itu mereka lagi grogi atau gimana. Tapi dari semua tutur kata yang panjang2, yang biasanya ngga gw ngerti, kesalahan2 kecil kek gtu yang justru gw sadari.
Terbesit oleh koko gw buat nulis status kek gt di fb. Terus bokap gw blg, "Buat apa? Mau nanti kamu didatengin preman2?"
waktu denger gtu, gw pikir mana tau kl nulisnya di fb. yang statusnya bisa diganti kapan aja? Terus bokap gw nglanjutin kalimatnya, "Di Indonesia, orang yang salah bisa aja nglakuin cara2 ngga bener. Ngga smua orang bersedia nrima kritikan, walopun jelas2 salah."
Kalimat ini yang bkin gw terdiam. Gw inget ketika SMP - saat gw mencari dan mendidik jati diri dan sikap2 gw - guru gw selalu bilang jadi orang itu harus berani kritis. Terus juga sikap temen gw dari luar negeri yang berani bersikap kritis. Dia bkin gue kagum gitu dengan pemikiran2nya. Gw pengen jadi seperti dia. Kritis dan cerdas. Tapi sekarang gw seperti menyesali sikap kritis gw itu. Gw inget sikap guru SMA gw yang waktu itu gw ajak tuker pikiran tentang sikapnya di kelas. Mungkin gw nyebutnya tuker pikiran. Tapi bagi dia gw itu seperti ngguruin dia, negor dia, seolah2 gw ini orang paling pinter sedunia. Dia marah. Dan berakhir permintaan maaf gw. Atau kasusnya Prita yang kek gini nih, nulis blog tentang keluhannya terhadap salah satu rumah sakit yang berujung pada penahanannya di penjara. Katanya negara ini demokrasi.. Lalu dimana sih arti demokrasi sebenarnya? Apa demokrasi di Indonesia ini baru bisa diterapin dalam pemerintahan doank, tapi ngga dalam hidup bermasyarakat?

Terus tentang temen gw yang ketat dengan aturan jam malem. Gw sih ga tau jam malemnya sampe jam berapa. Kemarin kita pulang jam 12 kurang, dan di jalan bokapnya uda nelponin terus ngga berenti2. Temen gw ini sibuk nyari alesan supaya nanti ga dimarahin ortunya. Dia tau bokapnya itu kuatir, tapi takut (atau males) juga buat diomelin. Beda banget sama keluarga gue. Gue ngga pernah (atau jarang bgt) tu dicariin. Ditelponin gtu, ditanyain ada dimana, pulang jam berapa. Eh temen gw itu malah ngiri sama kondisi gw. Pdahal gw sendirinya itu berharap ortu gw lebih peduli gitu. Nelpon kek sekali2.. haha.. Dasar emang manusia ngga pernah ada puasnya. Terus apa yang dilakuin dua keluarga yang berbeda ini menandakan ngga sayang lagi sama anak2nya? Mana yang bakal lo - yang baca blog ini - pilih, dicariin atau ngga dicariin sama sekali?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar